Senin, 04 Desember 2017

Manfaat Daun Sirih


Indonesia memang merupakan tanah yang sangat kaya, dari berbagai pelosok negeri di Indonesia banyak sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan untuk kehidupan banyak orang. Contohnya saja tanaman yang bisa digunakan untuk obat herbal dan obat tradisional. Salah satu tanaman yang sering dijadikan obat herbal oleh banyak orang adalah daun sirih. Bisa dikatakan bahwa daun sirih adalah tanaman asli dari Indonesia. Daun sirih juga memiliki kandungan kavikol yang bisa mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida serta antijamur.
Khasiat Daun Sirih :
1. Mengatasi Batuk
Ambil 4 lembar daun sirih, 3 lembar daun bidara upas an juga madu secukupnya. Iris daun sirih tersebut kemudian rebus dengan daun bidara dalam 2 gelas air sampai mendidih. Dinginkan, lalu tambahkan madu secukupnya. Dan ramuan tersebut bisa digunakan untuk berkumur dan lebih baik menjangkau kerongkongan.
2. Mengharumkan Kemaluan Wanita
Ambil daun sirih yang sudah tua kekuning-kuningan 10 lembat, erbuslah dengan air secukupnya atau 2 gelas hingga tinggal 1 gelas air, kemudian minumlah 2 kali sehari pagi dan sore.
3. Hidung Berdarah
Ambil daun sirih 1 lembar lipatlah untuk menyumbat hidung yang berdarah lakukan sebanyak yang diperlukan.
4. Mengatasi Jantung
Ambil daun sirih 3 lembar yang temu ruasnya, 3 siung bawang merah, 14 biji buah kemukus(7pasang), 1 sendok teh jinten putih, digiling halus beri air 4 sendok makan, aduk jadi satu dan saring untuk diminum 2 kali sehari.
5. Penyakit Kulit (Bisul)
Ambil daun sirih 5 lembar dicuci bersih lalu digiling halus kemudian dioleskan pada bisul dan sekelilingnya dan dibalut. Lakukan sehari sebanyak yang diperlukan.

Posted By : Nur Fitri Urbayanti
Alamat Email : nfurbayanti@gmail.com
Alamat Blogger : fitriurbayanti.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

Olaf the Snowman - Disney's Frozen